Mengukir Prestasi di Tengah Pandemi Covid-19

Ratri Murdy Andari (ketua), Dyah Ayu Puspita Ardani, dan Erlyanna Nur Risqi

Adanya pandemi Covid-19 sangat berpengaruh di banyak sektor, terutama sektor pendidikan. Pembelajaran yang tadinya tatap muka (offline) beralih menjadi pembelajaran daring (online) untuk menghambat peyebaran virus ini dengan meminimalisir kontak antarindividu. Namun, hal ini tidak membuat mahasiswa pendidikan matematika Unesa berhenti berkarya. Tim mahasiswa yang beranggotakan Ratri Murdy Andari (ketua), Dyah Ayu Puspita Ardani, dan Erlyanna Nur Risqi berhasil menjadi Juara 3 pada lomba karya tulis ilmiah (LKTI) “Reality Writing Competition 2020” yang diselenggarakan oleh UKMF Penelitian Reality FIP Universitas Negeri Yogyakarta pada 14 Juni 2020.

Hasil LKTI “Reality Writing Competition 2020”

Pendaftaran LKTI dilaksanakan pada 10-23 Februari 2020 sebelum pandemi Covid-19 merebak di Indonesia. Flyer LKTI dapat dilihat pada laman https://www.instagram.com/p/B83ml8VHE84/?igshid=1gsf0u0s94bw4. Dikarenakan pandemi Covid-19 setelah lolos seleksi full paper, panitia mengadakan technical meeting pada 13 Juni 2020 dan peserta yang lolos akan melakukan presentasi secara online menggunakan google meeting pada 14 Juni 2020.

Ratri dkk membuat media yang diberi nama Milea D3 (Mobile Learning berbasis iSpring materi dimensi tiga) untuk bersaing dalam LKTI. Milea D3 merupakan mobile learning berbasis Android materi dimensi tiga. Aplikasi Milea D3 memiliki beragam fitur diantaranya: (1) media dapat diakses melalui smartphone, (2) disajikan dalam dua bahasa (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris), (3) dilengkapi dengan sejarah geometri, (4) apersepsi yang disajikan menarik dan terdapat penerapan dimensi tiga dalam kehidupan sehari-hari, (5) penjelasan yang menggunakan teks dan animasi (animasi dibuat dengan menggunakan geogebra), (6) pembahasan soal di setiap subbab dengan geogebra, dan (7) latihan kuis (terdapat jawaban yang benar dan salah disertai pembahasan soal).

Motivasi Ratri dkk mengikuti lomba ini adalah mengembangkan ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti perkuliahan agar dapat bermanfaat mengatasi permasalahan siswa  yang memiliki kemampuan spasial rendah maupun sedang  yaitu dengan membuat media Milea D3. Selain itu, Ratri dkk juga ingin berkontribusi untuk almamater tercinta, yaitu Universitas Negeri Surabaya agar namanya dapat dikenal secara nasional.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *