Inovasi yang Berhasil Membuat Prestasi

(Dari kiri) Siti Munawaroh, Mayang Purbaningrum, dan Intan Fatimah Ahmada

Pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 ini kurang maksimal. Hal ini didukung oleh hasil survey yang dilakukan Kemdikbud bahwa banyak guru yang tidak melakukan pembelajaran interaktif dan laporan salah satu surat kabar di Indonesia bahwa kebanyakan guru hanya memberikan tugas kepada siswa, yang mengakibatkan siswa jenuh dan malas belajar selama pembelajaran daring.

Intan Fatimah Ahmada, Mayang Purbaningrum, dan Siti Munawaroh yang merupakan mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Surabaya, berupaya menyajikan alternatif dengan berinovasi mengembangkan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, interaktif, dan mudah dikembangkan dengan membuat majalah elektronik pada materi himpunan. Upaya yang Intan dkk lakukan berhasil mendapatkan juara harapan 2 bidang penelitian Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Universitas Negeri Semarang. Judul yang Intan dkk ajukan adalah “E-Magmath Majalah Interaktif Berbasis FlipBook pada Pokok Bahasan Himpunan pada Kelas 7 SMP/MTs”.

Penyusunan karya tulis ilmiah ini dibimbing oleh Ibu Evangelista Lus Windiyana Palupi, S.Pd., M.Sc. Majalah ini dilengkapi dengan video, lagu, permainan merangkai kata dan teka-teki silang (TTS), yang diharapkan dapat memotivasi siswa selama pembelajaran. Aplikasi yang digunakan untuk membuat majalah elektronik ini adalah Corel Draw, Flip PDF Corporate, dan Web to Apk. Flip PDF Corporate digunakan untuk mengubah majalah agar dapat digunakan pada handphone siswa. Hal ini bertujuan untuk memudahkan akses siswa yang lebih dekat ke handphone daripada komputer (PC). Dalam proses penyusunan karya tulis ini, kerja sama tim yang baik ditunjukkan oleh Intan dkk melalui pembagian kerja. Poster digarap oleh Intan, karena Intan mengaku menyukai desain sehingga merasa pembuatan poster merupakan tugas yang cocok. Artikel dibuat oleh Siti Munawaroh, dan pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) ditugaskan kepada Mayang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *