Prestasi di Masa Pandemi, Mahasiswa Matematika Berhasil Menjuarai Lomba Essay Nasional

Mayang Purbaningrum dan Intan Fatimah Ahmada

Dengan masih berlangsungnya pandemi Covid-19 selama enam bulan terakhir ini, diperlukan adanya inovasi dalam pembelajaran daring. Salah satu inovasi yang diajukan oleh mahasiswa prodi pendidikan matematika, jurusan matematika Universitas Surabaya adalah dengan mengembangkan majalah interaktif. Majalah interaktif ini berhasil membuat Mayang Purbaningrum dan Intan Fatimah Ahmada  meraih Juara 1 Essay yang diadakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS), dengan judul essay “Main (Majalah Interaktif) Matematika sebagai Solusi Belajar Menyenangkan di Masa Pandemi”.

Mayang dan Intan mendapatkan informasi lomba ini dari Instagram, dengan waktu pendaftaran 20 Juli – 20 September 2020 dan waktu pengumuman 11 Oktober 2020. Motivasi mereka mengikuti lomba ini adalah mengisi waktu kosong selama liburan semester dengan berkarya untuk menciptakan inovasi berdasarkan masalah yang ditemui di lapangan. Untuk mengikuti lomba ini, Mayang dan Intan dibimbing oleh Bapak Ahmad Wachidul Kohar, M.Pd. Selama mengikuti lomba ini, Mayang dan Intan mengaku mendapatkan wawasan tentang cara menulis yang benar dan merasa dukungan dosen dalam pembimbingan penulisan sudah baik.

Proses pembuatan essay dimulai dengan pencarian media pembelajaran yang cocok selama pandemi melalui internet. Mayang dan Intan menemukan bahwa majalah elektronik merupakan media yang cocok, namun selama ini hanya berupa PDF. Dalam rangka berinovasi untuk pembelajaran daring, Mayang dan Intan membuat majalah interaktif yang dilengkapi dengan video, lagu, permainan merangkai kata dan teka-teki silang (TTS), yang diharapkan dapat memotivasi siswa selama pembelajaran. Aplikasi yang digunakan untuk membuat majalah elektronik ini adalah Corel Draw, Flip PDF Corporate, dan Web to Apk.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *