Pandemi Bukan Halangan Berprestasi

Pandemi covid-19 memang memiliki dampak yang sangat besar, bukan hanya pada kesehatan tetapi juga pada sektor yang lain. Pada sektor pendidikan misalnya, berdasarkan surat edaran menteri no 4 tahun 2020 pelaksanaan pendidikan diwajibkan secara daring dari rumah. Hal ini tentu menimbulkan pro-kontra. Sebagian besar masyarakat dirasa belum siap dalam menghadapi pembelajaran daring tersebut. Bukan hanya dari segi penyampaian materi yang kurang efektif, tetapi juga penggunaan IT oleh masyarakat yang dirasa belum merata. Namun, apakah hal ini membuat prestasi peserta didik terhambat?.

Elok Rizqi Aulia, Arif Rachman Hakim, dan Fani Nur Azizah menunjukkan bahwa pandemi tidak mengahalangi mereka dalam berprestasi. Tim mahasiswa program studi matematika tersebut mampu menjadi juara harapan 3 pada kompetisi karya ilmiah 5 bidang pada kategori artikel ilmiah di Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada tanggal 4 oktober 2020. Judul artikel yang mereka angkat yaitu pemodelan kasus baru sembuh dan kematian covid19 di Jawa Timur. Elok berpendapat hasil artikel ini dapat dijadikan suatu referensi dalam mengambil suatu kebijakan terkait penyebaran covid19. Mahasiswa asal Lamongan yang menyukai nasi Boran ini mengatakan bahwa dengan pemodelan yang timnya telah kembangkan, mereka dapat mengetahui predikasi banyak kasus yang akan terjadi pada masa mendatang. Arif menambahkan bahwa model ini dikembangkan bersama dengan dosen program studi matematika yaitu oleh Ibu Ayunin Sofro, PhD yang juga merupakan pakar statistik.

Arif yang merupakan mahasiswa asal Bangkalan berharap temen-temen mahasiswa dapat lebih bersemangat dalam mengikuti lomba, mumpung masih mahasiswa. selain itu, mahasiswa yang merupakan perwakilan unesa dalam KN-MIPA Nasional bidang matematika ini berharap agar jurusan bisa lebih memfasilitasi mahasiswa dalam mengikuti lomba-lomba baik dari support pembinaan maupun pendanaan dan reward.

Fani Nur Azizah, Elok Rizqi Aulia, Arif Rachman hakim

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *