Memodelkan covid19, Mahasiswa Matematika Unesa Bawa Pulang Juara Harapan 1 dan Juara Poster Favorit

dari kiri ( Kurnia Dewy Isnaini, Khusnia Nurul Khikmah, Rilo Pambudi)

Penyebaran covid-19 sangat cepat dan dirasakan oleh setiap negara di dunia, Hal tersebut tentu membuat setiap negara fokus dalam upaya penanganan dan penekanan penyebaran dan angka kematian virus yang berasal dari wuhan tersebut. Banyak cara telah dilakukan, seperti pengembangan vaksin, pemberlakukan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB), penyemprotan disinfektan hingga pemodelan matematis penyebaran virus tersebut. Dalam hal pemodelan matematis, mahasiswa matematika universitas negeri surabaya (unesa) melalui kreatifitasnya mengembangkan suatu model peramalan terhadap kasus covid19 di Indonesia dan mendapatkan prestasi atas artikel ilmiah poster berdasarkan model matematis tersebut.

adalah Khusnia Nurul Khikmah, Kurnia Dewy Isnaini, Rilo pambudi mahasiswa matematika angkatan 2017 dan 2018 yang telah menjadi juara harapan 1 dan juara poster favorit pada kompetisi karya ilmiah bidang yang diadakan di Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada 4 oktober 2020. Judul artikel mereka adalah Peramalan data covid19 di Indonesia dengan model ARMA. Khusnia mengemukakan bahwa artikel yang dikompetisikan ini adalah bagian dari output PKM Fakultas yang di danai serta dibimbing oleh dosen matematika unesa yang juga pakar statistika lulusan new castle university, UK yaitu Ibu Ayunin Sofro,PhD. Mahasiswa asal Tulungagung tersebut tidak menyangka akan mendapatkan juara harapan 1, hal ini dikarenakan sempat ada perubahan model saat mendekati waktu pengiriman artikel ilmiah tersebut. Disisi lain, Pengembangan tugas poster merupakan kerja dari Rilo Pambudi, Mahasiswa asal Surabaya yang menyukai takoyaki ini tidak menyangka bahwa poster yang dia kembangkan mendapatkan juara favorit. Penilaian poster salah satunya adalah banyaknya likes poster tersebut pada sosial media. Rilo membagikan poster tersebut pada sosial media dan mendapatkan sekitar 3400 likes pada instagram. Hal ini tentu merupakan suatu yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Berkaitan dengan jurusan matematika unesa, Khusnia berharap, mahasiswa jurusan matematika bisa lebih banyak mengikuti lomba-lomba sejenis ini dan mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. sedangkan Rilo, berpendapat bahwa support atau dukungan pembimbingan yang dilakukan oleh dosen di jurusan matematika sudah cukup dan baik.

Penghargaan Juara Harapan 1 dan Best Poster

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *