Ide Generasi Milenial Jurusan Matematika Unesa Berhasil Membawa Juara

Rana Hisanah Azizah dan Ruli Rahmawati

Di era digital ini semua bidang harus dapat berinovasi untuk berkembang dengan memanfaatkan teknologi, termasuk dalam bidang ekonomi. Dua mahasiswa jurusan matematika, Ruli Rahmawati dan Rana Hisanah Azizah menuangkan ide untuk meningkatkan ekonomi di masa digital dalam essay yang berjudul “Aplikasi Fitting Clothes sebagai Peran Generasi Milenial dalam Meningkatkan Ekonomi di Era Digital” demi menyambut tantangan era ini. Tidak sia-sia, essay ini berhasil mendapatkan juara II pada Lomba Essay Nasional yang diselenggarakan oleh Himajem Universitas Nasional pada 16 Oktober 2020.

Motivasi Ruli dan Rana mengikuti lomba ini adalah coba-coba. Mereka berkeinginan memiliki pengalaman mengikuti lomba, kemudian menemukan informasi tentang adanya lomba ini di Instagram pada 19 September 2020. Salah satu yang mendasari tim ini berhasil membuat essay yang bagus adalah kerja sama tim yang baik. Ruli dan Rana sudah saling mengenal sejak dari PKKMB Postulat dan selalu dalam kelompok yang sama. Meski sekarang Ruli dan Rana berbeda kelas, namun komunikasi tetap terjalin dengan baik. Kerja sama tim yang solid dapat dilihat dari pembagian penulisan essay. Rulli bertugas menyusun isi dan kesimpulan, sedangkan Rana membuat pendahuluan dan daftar pustaka.

Essay ini terinspirasi dari hasil pengamatan mereka di lapangan bahwa banyak orang yang berbelanja tidak menyukai desain yang sudah ada di pasaran. Hal ini membuat Ruli dan Rana mengembangkan ide jika pembeli dapat mendesain sendiri pakaian yang diinginkan kemudian menjahitkan kain ke penjahit. Selain itu, Rana mengaku terinspirasi dari tayangan di televisi tentang pembelian pakaian secara online, namun hanya pengukuran lingkar dada dan lingkar pinggul saja untuk mengetahui ukuran yang sesuai dengan konsumen. Pada aplikasi ini ada tambahan fitur yang memungkinkan konsumen dapat mendesain sendiri pakaian mereka. Mulai dari proses desain sampai menjadi pakaian jadi dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi sehingga lebih praktis

Cara kerja aplikasi ini mirip dengan aplikasi ojek online. Penjahit yang professional akan dicarikan oleh aplikasi, dengan terlebih dulu penjahit tersebut mendaftar pada aplikasi. Namun, terdapat keunggulan dalam aplikasi ini, yaitu terdapat contoh-contoh desain jika pengguna aplikasi ingin mendapatkan referensi model pakaian yang akan dijahit.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *