PENGEMBANGAN BAHAN PELATIHAN OLIMPIADE SISWA VIA DARING BAGI GURU SD KECAMATAN MAGERSARI MOJOKERTO DI TENGAH COVID 19

Salah satu bentuk perwujudan tridharma Perguruan Tinggi, jurusan Matematika melakukan Pengabdian kepada masyarakat dengan kegiatan pendampingan pengembangan bahan pelatihan olimpiade siswa via daring bagi guru SD kecamatan Magersari Mojokerto di tengah Covid-19.
Pendampingan ini dilakukan oleh  Tim PKM yang beranggotakan: Prof. Dr. Manuharawati, M.Si., Dr. R. Sulaiman, M.Si.; Drs. Hery Tri Sutanto, M.Si., dan Muhammad Jakfar, S.Si., M.Si., dan dibantu oleh satu mahasiswa Toni Phibeta. Kegiatan ini diikuti oleh 40 guru dari Gugus 2 Matematika Kecamatan Magersari kabupaten Mojokerto yang dilaksanakan selama lima hari.   Kegiatan pendampingan terdiri atas pendampingan pengembangan soal Olimpiade Matematika SD, langkah-langkah pemecahan masalah matematika (pada 26-27 September 2020), workshop pengembangan soal olimpiade Matematika SD serta pemecahannya (pada tanggal 3 dan 10 Oktober 2020), presentasi hasil workshop (11 Oktober 2020).
Untuk mengetahui kebermaknaan pendampingan, sebelum kegiatan dimulai diadakan pretest dan setelah selesai kegiatan diadakan posttest tentang pengajuan soal matematika SD dan pemecahan masalah (soal Matematika SD).
Dari hasil pretest, posttest dan tugas pengembangan soal, serta angket peserta dapat disimpulkan bahwa: (i) Kegiatan PKM ini berhasil, dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan soal olimpiade matematika SD dan mampu menyelesaikannya dengan langkah-langkah penyelesaian masalah; (ii) Dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan bilangan bulat,  peserta dapat menerapkan sifat-sifat operasi bilangan bulat, dan tidak menggunakan rumus-rumus yang belum dikenal oleh anak SD; (iii) Kegiatan dirasa menyenangkan dan sesuai dengan tujuannya, dan peserta akan merasa lebih senang jika kegiatan ini dilanjutkan dengan adanya kerjasama antara dinas pendidikan Mojokerto dengan Unesa, khususnya Jurusan Matematika FMIPA.

Berikut adalah foto-foto kegiatan yang terkait:

Kegiatan Persiapan
Kegiatan Penyampaian Materi 1
Kegiatan Penyampaian Materi 2
Kegiatan Penyampaian Materi 3
Penyampaian Hasil Workshop

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *