Kuliah Tamu dengan Dr. Maarten Dolk

Screenshot kuliah tamu dengan Dr. Maarten Dolk

Pada hari Jumat, 18 Desember 2020, telah diadakan kuliah tamu dengan Dr. Maarten Dolk dari Freudenthal Institute, Belanda, secara online melalui Zoom pada pukul 16.00 – 17.30, dengan topik “Context in Math: RME and PISA”. Kuliah tamu yang dipandu oleh Bu Rooselyna Ekawati, Ph.D, Bapak Shofan Fiangga, M.Sc, dan Bu Evangelista Lus W. P., M.Sc. ini dihadiri oleh 92 mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa Pendidikan Matematika 2019 yang mengambil mata kuliah Matematika Kontekstual dan mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Unesa.

Sebelum memulai kuliah tamu, mahasiswa telah mengajukan pertanyaan yang ditampung oleh Bapak Shofan untuk dibahas pada kuliah tamu ini. Adapun yang menjadi bahasan pada kuliah tamu ini adalah: (1) kelas konvensional di Indonesia cenderung lebih berfokus pada representasi formal yang menonaktifkan siswa dalam matematisasi horizontal, (2) cara mendorong siswa untuk menemukan jawaban versi mereka dan mengarahkan ke lintasan belajar yang diinginkan tanpa adanya miskonsepsi, (3) cara membantu siswa yang terbiasa dengan pembelajaran formal konvensional berubah ke pembelajaran kontekstual yang bermakna, (4) cara membantu siswa yang terbiasa dengan rumus berubah ke literasi matematika, dan (5) membangun literasi matematika untuk siswa yang berada pada tahap operasional konkret.

Screenshot salah satu materi yang disampaikan oleh Dr. Maarten Dolk

Selama kuliah tamu Dr. Maarten Dolk selain memberikan materi, beliau juga menunjukkan contoh-contoh guna menjawab pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa secara nyata. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, beliau memberikan beberapa tips untuk membangun pemahaman siswa, seperti: (1) membuat kebiasaan selama pembelajaran di kelas, misalnya selain menanyakan jawaban siswa, guru sebaiknya juga menanyakan proses bagaimana jawaban tersebut diperoleh oleh siswa; (2) focus pada ide-ide besar yang disampaikan oleh siswa, tidak hanya pada jawaban siswa; (3) dan menjelaskan pemikiran guru untuk membantu mengembangkan pemahaman siswa yang lebih mendalam.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *