Mahasiswa Jurusan Matematika Memperoleh Prestasi di Lomba Debat Mahasiswa

Pada hari Rabu tanggal 2 Juni2021 merupakan jadwal untuk seleksi KDMI tingkat Unesa yang diselenggarakansecara online. Kompetisi kali ini dilakukan menggunakan platform Zoom.Pelaksanaan KDMI tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di manasebelumnya KDMI menggunakan sistem Asean Parlementary dan tahun ini dilakukandengan sistem British Parlementary. Setiap fakultas di Unesa mengirimkan 2 timdengan masing-masing 2 anggota. Pertandingan dilakukan dengan 2 kali tanding dibabak penyisihan dan kemudian perankingan untuk babak semifinal. Dalam satupertandingan terdapat 4 tim yang bermain, di mana terdapat tim pembukapemerintah, pembuka oposisi, penutup pemerintah, dan pembuka pemerintah.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB yang kemudiandibuka oleh PIC KDMI dan NUDC Unesa, kemudian dimulai dengan menentukan timmenggunakan tabulasi online HerokuApp. Tim FMIPA mengajukan 2 tim dengankomposisi anggota, yaitu Tim A: Rama Dina (Matematika 2018U) dan ThoiffaulKhusnun Nisa’ (Matematika 2019U), dan Tim B: Ruhi Asandi (Fisika 2019) dan Ulynnuha Aulia Ihsani (Matematika 2020). Tim FMIPA bertanding di babakpenyisihan dan yang melanjutkan ke babak semifinal adalah TIM A. Untuk babakFinal sangat seru dengan mosi seputar kebijakan untuk memperbolehkan Ibumelakukan aborsi bayi yang memiliki gen psikopat. Waktu tim FMIPA untukmempersiapkan KDMI selama satu bulan membuahkan hasil sebagai juara 2. Hasil babakFinal adalah Juara 1 Tim FT A, Juara 2 Tim FMIPA A, Juara 3 Tim FISH B, BestSpeaker 1 Salsabila dari Tim FT A dan Best Speaker 2, yaitu Rama Dina Tim FMIPA A.

Selamat kepada seluruh tim yang telah bertanding, semoga dapat menjadikan kompetisi ini sebagai sarana mengembangkan softskill dan dapat membanggakan Unesa di tingkat Nasional.

Oleh: Rama Dina dan Thoiffatul Nisa’

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *