UNESA Online Summer Course (USC) 2021 Education, Culture, Art, Science, and Sport (EDUCARSS) Batch 1

USC 2021 yang diselenggarakan di UNESA merupakan kegiatan Summer Course yang memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa di dunia untuk mempelajari segala hal tentang Indonesia. Kegiatan ini juga sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan UNESA dan Jawa Timur kepada dunia. USC 2021 diselenggarakan mulai 31 Mei 2021 hingga 10 Juni 2021, dengan total 39 mahasiswa dari 12 negara, seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, China, Rumania, Austria, Jepang, Inggris, Kamboja, Irak, Ghana, dan Vietnam. 39 siswa dibagi menjadi 7 kelompok berdasarkan topik tertentu. Output dari kursus ini adalah resume untuk setiap pertemuan, esai individu dan presentasi kelompok berdasarkan topik yang diperoleh. Berikut adalah kegiatan yang dilakukan selama 8 hari pertemuan.

Hari pertama dengan topik Situs Sejarah Surabaya yang dibawakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum bersama Rojil Nugroho Bayu Aji, S.Hum, M.A. Peserta mendapatkan pengetahuan baru tentang sejarah terbentuknya Surabaya dan apa saja peninggalan sejarah yang ada di Surabaya. Selanjutnya hari kedua tentang Tari dan Musik Indonesia yang dibawakan oleh Fakultas Bahasa & Seni bersama Dr. Setyo Yanuarti, M.Si dan Joko Winarko, S.Sn., M.Sn. Pembicara mengajarkan cara menari Remo dan nada dasar karawitan. Berlanjut ke hari ketiga dengan topik Disability in Indonesia yang dibawakan oleh FKIP bersama Muhammad Nurul Ashar, M.Ed. Peserta diajarkan bahasa isyarat untuk setiap huruf dari A sampai Z oleh siswa tunarungu dan impaired speech. Melanjutkan perjalanan ke hari keempat dengan topik Permainan Tradisional Indonesia yang dibawakan oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan bersama Dr. Anung Priambodo, M.Psi.T. dan Dra. Sasminta Christina Y.H., M.Pd. Peserta diminta memainkan permainan “engkle”, “patil lele”, dan bola terak di rumah masing-masing. Kemudian, hari kelima dengan topik Eco-campus yang dibawakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dengan Dra. Winarsih, M.Kes dan Reni Ambarwati, S.Si., M.Si. Peserta diajarkan cara membuat larutan bioenzim yang dapat digunakan sebagai antibakteri. Itu bisa disemprotkan ke seluruh ruangan. Bioenzim telah difermentasi selama 3 bulan. Larutan tersebut dibuat dari kulit kentang, gula merah, dan daun pandan. Selanjutnya hari keenam dengan tema menarik yaitu Dolly, Dulu dan Sekarang yang dibawakan oleh Fakultas Ekonomi bersama Dr. Lucky Rachmawati, S.E., M.Si. Membahas tentang Dolly dari segi ekonomi, kesehatan, sosiologi, psikologi, agama, dan perbedaan antara Dolly dulu dan sekarang. Untuk topik terakhir adalah Kuliner Surabaya yang Disampaikan oleh Fakultas Teknik bersama Mauren Gita miranti, S.Pd., M.Pd. dan Andika Kuncoro Widagdo, M.Pd. Peserta diajari cara membuat rawon, telur asin, dan pecel. Untuk pertemuan terakhir dan penutupan, peserta diminta untuk menyerahkan esai individu dan presentasi kelompok. Summer Course ditutup dengan pengumuman kelompok terbaik dan peserta terbaik.

Hal ini merupakan pengalaman berharga yang pernah didapat selama kuliah, terutama bagi mahasiswa matematika yang setiap hari hanya berkutat dengan angka. Partisipasi mahasiswa matematika UNESA lainnya ditunggu di USC EDUCARSS angkatan 2.

oleh : Mayang Purbaningrum

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *