APOTEMA SEMINAR PROGRAMMING 2021: LET’S BUILD YOUR CREATIVITY BY GETTING TO KNOW MORE ABOUT PROGRAMMING

Seminar Programming diadakan untuk mengembangkan potensi minat dan bakat matrika dalam bidang koding (pemrograman) dengan materi seputar pengenalan bahasa pemrograman dan manfaatnya, serta pengenalan GEMASTIK. Seminar dengan sasaran warga Matrika ini disenggarakan pada hari Minggu, 20 Juni 2021 pukul 08.00 secara daring melalui Zoom. Acara dibuka oleh MC, Merin Vandira Gatsmir, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan ketua pelaksana oleh Silvia Kumala Dewi, sambutan ketua HMJ Matematika FMIPA UNESA oleh Wildan Habibulloh, sambutan dosen pendamping mahasiswa Matematika oleh Ahmad Wachidul Kohar, S.Pd., M.Pd., doa pembuka oleh Dimas Bagus Setiawan, penyampaian materi oleh Dr. Elly Matul Imah, M Kom. dan Arif Widodo, S.T., M.Sc., serta penutup.

Dalam seminar ini, Dr. Elly menekankan pentingnya belajar programming. Dengan semakin bertumbuhnya teknologi, penggunaan perangkat teknologi ikut tumbuh setiap tahun dan akan selalu ada permintaan yang tinggi untuk programmer. Dengan menguasai skill pemrograman, akan membuat (1) terbiasa dengan perangkat lunak, program, perangkat, dan situs web dan akan membantu kita lebih cepat memahaminya,sehingga kita akan memahami dan mengadopsi alat teknologi baru jauh lebih cepat; dan (2) menjadikan pribadi yang solutif karena melalui pemrograman kita belajar untuk meng-kombinasikan skill dan creativity.  Programming mengembangkan skill kita dalam menyelesaikan permasalahan, kerjasama tim, memahami proses lengkap dalam menjalankan bisnis, berani mengambil resiko serta membuka peluang kita untuk membuka bisnis sendiri. Banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa digunakan. Namun, yang populer saat ini adalah bahasa pemrograman Python.

Selain penekanan pentingnya programming oleh Dr. Elly, pada seminar kali ini, narasumber kedua, Arif Widodo, S.T., M.Sc., menyampaikan tentang coding dan GEMASTIK. Coding memiliki perbedaan di jurusan matematika, Teknik informatika, dan Teknik elektro. Di matematika, belajar algoritma secara mendasar serta issal pada hal yang fundamental yang bisa memberikan efek besar pada pengembangan aplikasi (issal: algoritma untuk optimasi), di Teknik informatika dipelajari tentang bagaimana membuat aplikasi baik desktop maupun mobile serta difokuskan untuk belajar membuat issal yang besar dan komplek, sedangkan Teknik elektro/Teknik computer belajar tentang bagaimana cara issalr bekerja serta melihat pemrograman seperti orchestra dari komponen-komponen digital yang saling berkaitan. Pada materi GEMASTIK, dijelaskan bahwa terdapat 11 divisi di antaranya, Divisi I Pemrograman (Programming), Divisi II Keamanan Siber (Cyber Security), Divisi III Penambangan Data (Data Mining), Divisi IV Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), Divisi V Animasi (Animation),  Divisi VI Kota Cerdas (Smart City), Divisi VII Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper), Divisi VIII Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development), Divisi IX Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT), Divisi X Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development), Divisi XI Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *