Start Up Workshop Matematika Realistik oleh Tim PKM Jurusan Matematika Unesa

Pada Hari Sabtu tanggal 14 Agustus 2021 telah diselenggarakan Start Up Workshop Matematika Realistik yang diselenggarakan oleh Tim PKM Jurusan Matematika FMIPA Unesa. Acara ini diikuti oleh Bapak dan Ibu Guru SD KKG 03 Waru, Sidoarjo. Acara dimulai pada pukul 09.00 dan berakhir hingga pukul 12.30. Pada kegiatan ini juga dihadiri Ketua Korwil Dikbud Waru Sidoarjo, Sri Widanarti, S.Pd., MM., Ketua KKG Gugus 03 Ahmad Anwar,S.Pd.,MM.,M.Pd., dan Ketua Gugus 03 Drs. Mainingsih, M.Pd.

Tim PKM Jurusan Matematika FMIPA Unesa yang terdiri dari Rooselyna Ekawati, Ph.D., Dr.Masriyah, M.Pd., Shofan Fiangga, S.Pd., M.Sc., Achmad Wachidul Kohar, S.Pd., M.Pd., Evangelista Lus Windyana Palupi, S.Pd., M.Sc., dan dibantu oleh mahasiswa Jurusan Matematika Rama Dina dan Dava Imadul Bilad menyelenggarakan kegiatan workshop pada tanggal tersebut dengan diikuti oleh kurang lebih 50 peserta dari Guru SD KKG 03 Waru Sidoarjo. Kegiatan yang diselenggarakan melalui virtual meeting ini berlangsung dengan lancer dan seru dari awal acara hingga penutupan.

Acara dibuka dengan adanya sambutan dari Ketua Gugus 03, Ketua Korwil Dikbud Kecamatan Waru, dan kemudian dibuka oleh perwakilan Tim PKM Jurusan Matematika FMIPA Unesa. Dalam kegiatan workshop ini terdapat 2 materi utama yang diberikan kepada peserta workshop. Yang pertama ada materi “Matematika Realistik dan Contoh Penerapannya di Kelas” yang disampaikan oleh Rooselyna Ekawati, M.Sc., Ph.D. dan dimulai dengan kegiatan interaktif menggunakan menti untuk mengetahui tanggapan peserta workshop terkait pengetahuan tentang Matematika Realistik. Dalam materi ini juga disampaikan contoh-contoh dalam penyusunan Iceberg untuk kegiatan belajar matematika.

Acara kemudian dilanjutkan dengan materi ke 2 yaitu “Desain Pembelajaran Matematika Realistik untuk Topik Matematika Konversi Luas Bangun Datar” yang disampaikan oleh Shofan Fiangga, S.Pd., M.Sc. dengan memberikan video-video yang berkaitan dengan konversi luas bangun datar tersebut. Materi ini disampaikan dengan pengalaman yang dimiliki oleh pemateri sehingga peserta dapat lebih interaktif pada sesi kali ini. Ada pula beberapa sesi tanya jawab yang berlangsung pada kegiatan Workshop kali ini. Peserta kebanyakan bertanya terkait dengan bagaimana mengelola pembelajaran di kelas agar sesuai dengan kaidah Matematika Realistik yang mana keadaan saat ini sangat sulit untuk mendesain kelas karena terbatasnya kondisi tatap muka. Dan kemudian workshop diakhiri dengan adanya kuis melalui kahoot untuk mengenalkan kepada bapak ibu Guru sehingga dapat mulai mendesain kelas interaktif. Pemenang kuis mendapatkan buku STEM karangan dari Rooselyna Ekawati, Ph.D. dan dikirim ke rumah masing-masing pemenang.

Beberapa foto kegiatan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *