
Pembiasaan mengenal matematika dalam sebuah konteks memang perlu dilakukan dengan tujuan agar matematika tidak dikenal peserta didik sebagai ilmu mengahafal rumus. Lebih penting dari itu, matematika mengajarkan peserta didik untuk bisa bernalar logis dan sistematis. Tuntutan Asesmen Nasional, yang salah satu penilaiannya adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dengan cakupan persoalan literasi dan numerasi menjadi pendorong juga untuk mencapai tujuan tesebut.
Jurusan Matematika FMIPA Unesa menyelenggarakan Mathematics in Context Competition (MiCCo) 2022 pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022. Kompetisi ini berbeda dengna kompetisi matematika yang diselenggarakan oleh lembaga lain. Tujuan dari MiCCo ini adalah mengenalkan dan membiasakan peserta didik untuk memecahkan masalah kontekstual dengan menggunakan matematika. MiCCo 2022 merupakan kegiatan kedua setelah MiCO 2019. Di tahun 2022, MiCO berganti nama menjadi MiCCo. MiCCo 2022 ini di ikuti 58 peserta dari 18 sekolah dengan sebaran asal sekolah dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Lamongan, Bangkalan, Malang, Bojonegoro, dan Madiun. MiCCo 2022 terdiri dari 2 babak, yaitu babak 1 dan babak final. Finalis diambil dari lima peserta dengan nilai teratas babak 1 yang kemudian mempresentasikan bagaimana peserta memecahkan masalah yang diberikan pleh juri.
Berikut adalah finalis dan juara MiCCo 2022.
Juara 1 Tsani Qurrota A’yun SD Muhammadiyah 3 ICP Sumberejo Bojonegoro
Juara 2 Danendra Naufal Ardana Putra SDN 4 Made Lamongan
Juara 3 Rafael Gerardo Anderson SD Kristen Charis
Juara Harapan 1 Erina Andini Falisha Dena SD YPI Darussalam Cerme Gresik
Juara Harapan 2 Muhammad Rafa Az-Zayyan SD Alkhairiyah II
